2019 Kembali Ke WordPress

Blogger To WordPress
Memutuskan pindah dari blogger ke wordpress

Ibarat kata pepatah benci-benci tapi rindu, itulah yang saya rasakan ketika memutuskan kembali menggunakan platform wordpress. Saya mengenal wordpress tahun 2003. Saya cukup paham dengan apa yang ada di dalam wordpress ini dari sejak 16 tahun yang lalu. WordPress cukup handal digunakan dalam dunia blogging, apalagi untuk soal SEO, wordpress ini paling jago dibandingkan kompetitornya yaitu blogspot/blogger. Banyak plugin yang diciptakan untuk wordpress terkait SEO sehingga memudah penggunanya dalam mengoptimasi blognya. Saya tidak mengatakan bahwa wordpress adalah yang paling sempurna, tetapi setidaknya wordpress masih yang terbaik untuk saat ini dibandingkan dengan blogspot/blogger.

Sebenarnya baru 4 tahun yang lalu saya meninggalkan platform wordpress. Beberapa blog saya sekarang ini masih ber-platform blogspot/blogger. Saya masih membiarkannya tetap di blogspot/blogger sambil memikirkan bagaimana baiknya ke depan.

Kenapa 4 tahun yang lalu saya meninggalkan wordpress, dan lebih memilih blogspot/blogger ?

  1. Dengan kesibukan saya bekerja sebagai konsultan research, banyak blog saya yang ber-platform wordpress tidak ter-urus sehingga banyak terserang SPAM, yang membuat saya kecewa terhadap wordpress adalah saya sudah menginstall plugin untuk mengatasi SPAM ini, tetapi tetap saja SPAM ini susah untuk diberantas. SPAM yang dimaksud disini adalah komen-komentar yang dilakukan para spammer terhadap artikel yang ada di blog. Walaupun semua komentar memerlukan persetujuan dahulu sebelum ditayangkan, tetapi tetap saja saya kerepotan karena komentar SPAM ini jumlahnya ribuan memenuhi blog saya, sehingga susah sekali saya untuk mengecek mana komentar yang asli dan mana yang SPAM, sehingga saya frustasi dibuatnya.
  2. Hostgator sebagai tempat saya berhosting memberikan peringatan melalui email mengenai aktifitas dari blog saya yang membuat server mereka berat sebagai aktivitas dari SPAM yang menyerang blog. Blog saya bukan hanya 1 tetapi ada 5 blog. Jadi pantas saja hostgator complain. Dalam email hostgator menyarankan kepada saya untuk memperbaiki blog saya agar tidak mengganggu server mereka. Waktu itu paket hosting yang saya ambil di hostgator Baby Plan dengan harga 12 US Dollar per bulannya, sebelum hostgator saya menggunakan ipage.com untuk hostingnya, dengan harga yang lebih murah yaitu 3 US Dollar perbulannya kalo ambil langganan 3 tahun pada waktu itu. Ada yang megatakan bahwa harga itu nggak bohong, ipage dengan harga segitu lambatnya minta ampun loadingnya, sehingga saya memutuskan untuk pindah ke hostgator. Ujung cerita dari masalah saya dengan hostgator ini yaitu semua blog saya di blokir/suspen karena membahayakan server mereka, dan saya diminta memperbaiki blognya. Saya sudah capek dengan hal ini, akhirnya saya back up semua data saya di hostgator dan balik lagi ke ipage.com untuk menyimpan data saya sementara. Sambi mencari informasi kedepannya mo kemana.
  3. Alasan yang satu ini yang membuat saya kesal, entah kenapa, kalo saya menggunakan wordpress, akun adsense saya kena banned semua. Kenapa saya menyimpulkan ini ? karena saya sudah 3 kali akun google adsense saya dibanned dengan menggunakan wordpress ini, padahal semua tulisan sudah sesuai prosedur dan blog yang digunakan juga berbeda dengan sebelumnya. Sehingga saya menyimpulkan ada yang salah dengan wordpress ini. Dari alasan ketiga inilah saya memutuskan meninggalkan worpress dan beralih ke blogspot/blogger, sejak menggunakan blogspot/blogger, akun google adsense saya tidak pernah kena banned lagi. Itu lah yang membuat saya pindah dari wordpress ke blogspot/blogger. Blog-blog saya yang masih di wordpress pada waktu itu tetap saya biarkan ada namun posisinya sudah tidak update lagi. Dan saya membagun blog baru dengan platform blogspot/blogger.

Itulah 3 alasan yang membuat saya pindah dari platform wordpress ke platform blogspot/blogger. Tulisan pertama di blog saya yang terbaru ini menandai kembalinya saya ke platform wordpress dan pelan-pelan meninggalkan platform blogspot/blogger. Untuk tulisan selanjutnya saya akan mengupas mengenai kenapa saya memilih blogspot/blogger, sekalian akan saya bahas baik buruknya menggunakan wordpress dan blogspot/blogger.

Source image wordpress : wordpress.org
Source image blogger : blogger.com

About admin

Punya pengalaman dan dapat ilmu baru sayang kalo hanya di simpan di kepala yang mudah lupa ini. Lebih baik dituliskan dalam blog ini. Semoga bisa berguna bagi anak cucu khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Check Also

Salin Kode HTML dari Google Map

Cara Meletakkan Google Map Pada WordPress dan Blogger

Di dalam blog ini saya pernah menulis “Hotel Luminor Salah Satu Pilihan Tempat Menginap di …

One comment

  1. Pastilah semua platform ada kekurangan dan kelebihan nya masing-masing…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *